BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka penulis menyusun
beberapa kesimpulan sebagai berikut:
Nilai Mata Kuliah Struktur Hewan tahun akademik 2001/2002 mahasiswa
Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP secara umum
termasuk dalam kategori cukup, yaitu sebanyak
20 orang atau sebesar 48,78% memperoleh nilai C,
dan nilai Mata Kuliah Fisiologi Hewan tahun akademik
2002/2003 mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA
FKIP secara umum termasuk dalam kategori baik, yaitu
sebanyak 16 orang atau sebesar 39,02% memperoleh nilai B.
Nilai Mata Kuliah Struktur Hewan tahun akademik 2002/2003 mahasiswa
Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP secara umum
termasuk dalam kategori cukup, yaitu sebanyak
20 orang atau sebesar 65,79% memperoleh nilai C,
dan nilai Mata Kuliah Fisiologi Hewan tahun akademik
2003/2004 mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA
FKIP secara umum termasuk dalam kategori baik, yaitu
sebanyak 19 orang atau sebesar 50,00% memperoleh nilai B.
Nilai mata kuliah struktur hewan tahun akademik 2003/2004 mahasiswa
Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP secara umum
termasuk dalam kategori baik, yaitu sebanyak
25 orang atau sebesar 59,52% memperoleh nilai B,
dan nilai Mata Kuliah Fisiologi Hewan tahun akademik
2004/2005 mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA
FKIP secara umum termasuk dalam kategori baik, yaitu
sebanyak 25 orang atau sebesar 59,52% memperoleh nilai B.
Nilai Mata Kuliah Struktur Hewan tahun akademik 2004/2005 mahasiswa
Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP secara umum
termasuk dalam kategori baik, yaitu sebanyak
20 orang atau sebesar 64,52% memperoleh nilai B,
dan nilai Mata Kuliah Fisiologi Hewan tahun akademik
2005/2006 mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA
FKIP secara umum termasuk dalam kategori cukup, yaitu
sebanyak 17 orang atau sebesar 54,84% memperoleh nilai C.
Ada hubungan positif dan signifikan nilai
Mata Kuliah Struktur Hewan (tahun akademik 2001/2002) dengan nilai
Mata Kuliah Fisiologi Hewan (tahun akademik 2002/2003) mahasiswa
Program Studi Pendidikan Biologi
Jurusan PMIPA dengan persamaan regresi Ŷ = 1,407 +
0,517X, dengan koefisien determinasi 36,46%.
Ada hubungan positif dan signifikan nilai
Mata Kuliah Struktur Hewan (tahun akademik 2002/2003) dengan nilai
Mata Kuliah Fisiologi Hewan (tahun akademik 2003/2004) mahasiswa
Program Studi Pendidikan Biologi
Jurusan PMIPA dengan persamaan regresi Ŷ = 2,094 +
0,377X, dengan koefisien determinasi 16,98%.
Ada hubungan positif tetapi tidak signifikan
nilai Mata Kuliah Struktur Hewan (tahun akademik 2003/2004) dengan
nilai Mata Kuliah Fisiologi Hewan (tahun akademik 2003/2004)
mahasiswa Program Studi Pendidikan
Biologi Jurusan PMIPA dengan persamaan regresi Ŷ =
1,893 + 0,254X, dengan koefisien determinasi 0,29%.
Ada hubungan positif dan signifikan nilai
Mata Kuliah Struktur Hewan (tahun akademik 2004/2005) dengan nilai
Mata Kuliah Fisiologi Hewan (tahun akademik 2005/2006) mahasiswa
Program Studi Pendidikan Biologi
Jurusan PMIPA dengan persamaan regresi Ŷ = 0,440 +
0,660, dengan koefisien determinasi 24,5%.
Ada hubungan positif dan signifikan nilai Mata Kuliah Struktur
Hewan (tahun akademik 2001/2002-2004/2005) dengan nilai Mata Kuliah
Fisiologi Hewan (tahun akademik 2002/2003-2005/2006) mahasiswa
Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan MIPA dengan
persamaan regresi Ŷ = 1,956+0,272X, dengan koefisien
determinasi sebesar 10,30%.
Saran
Setelah melaksanakan penelitian dan melihat hasil penelitian, maka
untuk lebih meningkatkan penguasaan setiap mata kuliah khususnya mata
kuliah bersyarat, penulis menyarankan mahasiswa Program Studi
Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA lebih meningkatkan pemahamannya pada
setiap mata kuliah khususnya mata kuliah bersyarat.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim, 1991. Kurikulum Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan
Alam. Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (MIPA-LPTK) Program
Strata-1 (S1). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depatemen
Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.
Anonim, 2005. Pedoman Akademik. FKIP Unhalu. Kendari.
Erdin, 2002. Hubungan Nilai Mata Kuliah Dasar Keguruan dengan
Nilai PPL I Baik secara Bersama-sama Maupun Sendiri-sendiri,
Mahasiswa Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP Unhalu Tahun Ajaran
2001/2002. Skripsi Universitas Haluoleo. Kendari.
Nurbaeni, 1999. Hubungan Nilai Mata Kuliah PPL I dan Rata-Rata
Mata Kuliah PBM terhadap Prestasi Belajar PPL II Mahasiswa Jurusan
Pendidikan MIPA. Skripsi Universitas Haluoleo. Kendari.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.
Rineka Cipta. Jakarta.
Sudjana, 1989. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.
---------------, 1996. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.
Widjayakusuma, R., dan Sikar , S., 1986. Fisiologi Hewan Jilid I.
Jurusan Fisiologi dan Farmakologi Fakultas Kedokteran Hewan IPB.
Bandung.
Wulangi, S.K., 1990. Prinsip-Prinsip Fisiologi Hewan. FMIPA
IPB. Bandung.
1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar