Selasa, 21 Oktober 2008

skripsi biologi Hubungan antara Rata-rata Nilai Matakuliah Strukt



BAB V



KESIMPULAN DAN SARAN







  1. Kesimpulan




Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka penulis menyusun
beberapa kesimpulan sebagai berikut:





    1. Nilai Mata Kuliah Struktur Hewan tahun akademik 2001/2002 mahasiswa
      Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP secara umum
      termasuk dalam kategori cukup, yaitu sebanyak
      20
      orang atau sebesar 48,78% memperoleh nilai C,
      dan
      nilai Mata Kuliah Fisiologi Hewan tahun akademik
      2002/2003 mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA
      FKIP secara umum termasuk dalam kategori baik, yaitu
      sebanyak 16
      orang atau sebesar 39,02% memperoleh nilai B.



    2. Nilai Mata Kuliah Struktur Hewan tahun akademik 2002/2003 mahasiswa
      Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP secara umum
      termasuk dalam kategori cukup, yaitu sebanyak
      20
      orang atau sebesar 65,79% memperoleh nilai C,
      dan
      nilai Mata Kuliah Fisiologi Hewan tahun akademik
      2003/2004 mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA
      FKIP secara umum termasuk dalam kategori baik, yaitu
      sebanyak 19
      orang atau sebesar 50,00% memperoleh nilai B.



    3. Nilai mata kuliah struktur hewan tahun akademik 2003/2004 mahasiswa
      Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP secara umum
      termasuk dalam kategori baik, yaitu sebanyak
      25
      orang atau sebesar 59,52% memperoleh nilai B,
      dan
      nilai Mata Kuliah Fisiologi Hewan tahun akademik
      2004/2005 mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA
      FKIP secara umum termasuk dalam kategori baik, yaitu
      sebanyak 25
      orang atau sebesar 59,52% memperoleh nilai B.



    4. Nilai Mata Kuliah Struktur Hewan tahun akademik 2004/2005 mahasiswa
      Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP secara umum
      termasuk dalam kategori baik, yaitu sebanyak
      20
      orang atau sebesar 64,52% memperoleh nilai B,
      dan
      nilai Mata Kuliah Fisiologi Hewan tahun akademik
      2005/2006 mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA
      FKIP secara umum termasuk dalam kategori cukup, yaitu
      sebanyak 17
      orang atau sebesar 54,84% memperoleh nilai C.



    5. Ada hubungan positif dan signifikan nilai
      Mata Kuliah Struktur Hewan (tahun akademik 2001/2002) dengan nilai
      Mata Kuliah Fisiologi Hewan (tahun akademik 2002/2003) mahasiswa
      Program Studi Pendidikan Biologi
      Jurusan PMIPA dengan persamaan regresi
      Ŷ = 1,407 +
      0,517X, dengan koefisien determinasi 36,46%.



    6. Ada hubungan positif dan signifikan nilai
      Mata Kuliah Struktur Hewan (tahun akademik 2002/2003) dengan nilai
      Mata Kuliah Fisiologi Hewan (tahun akademik 2003/2004) mahasiswa
      Program Studi Pendidikan Biologi
      Jurusan PMIPA dengan persamaan regresi
      Ŷ = 2,094 +
      0,377X, dengan koefisien determinasi 16,98%.



    7. Ada hubungan positif tetapi tidak signifikan
      nilai Mata Kuliah Struktur Hewan (tahun akademik 2003/2004) dengan
      nilai Mata Kuliah Fisiologi Hewan (tahun akademik 2003/2004)
      mahasiswa
      Program Studi Pendidikan
      Biologi Jurusan PMIPA dengan persamaan regresi
      Ŷ =
      1,893 + 0,254X, dengan koefisien determinasi 0,29%.



    8. Ada hubungan positif dan signifikan nilai
      Mata Kuliah Struktur Hewan (tahun akademik 2004/2005) dengan nilai
      Mata Kuliah Fisiologi Hewan (tahun akademik 2005/2006) mahasiswa
      Program Studi Pendidikan Biologi
      Jurusan PMIPA dengan persamaan regresi
      Ŷ = 0,440 +
      0,660, dengan koefisien determinasi 24,5%.



    9. Ada hubungan positif dan signifikan nilai Mata Kuliah Struktur
      Hewan (tahun akademik 2001/2002-2004/2005) dengan nilai Mata Kuliah
      Fisiologi Hewan (tahun akademik 2002/2003-2005/2006) mahasiswa
      Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan MIPA dengan
      persamaan regresi Ŷ = 1,956+0,272X, dengan koefisien
      determinasi sebesar 10,30%.




  1. Saran




Setelah melaksanakan penelitian dan melihat hasil penelitian, maka
untuk lebih meningkatkan penguasaan setiap mata kuliah khususnya mata
kuliah bersyarat, penulis menyarankan mahasiswa Program Studi
Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA lebih meningkatkan pemahamannya pada
setiap mata kuliah khususnya mata kuliah bersyarat.



DAFTAR PUSTAKA






Anonim, 1991. Kurikulum Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan
Alam. Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (MIPA-LPTK) Program
Strata-1 (S1)
. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depatemen
Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.







Anonim, 2005. Pedoman Akademik. FKIP Unhalu. Kendari.







Erdin, 2002. Hubungan Nilai Mata Kuliah Dasar Keguruan dengan
Nilai PPL I Baik secara Bersama-sama Maupun Sendiri-sendiri,
Mahasiswa Pendidikan Biologi Jurusan PMIPA FKIP Unhalu Tahun Ajaran
2001/2002.
Skripsi Universitas Haluoleo. Kendari.







Nurbaeni, 1999. Hubungan Nilai Mata Kuliah PPL I dan Rata-Rata
Mata Kuliah PBM terhadap Prestasi Belajar PPL II Mahasiswa Jurusan
Pendidikan MIPA.
Skripsi Universitas Haluoleo. Kendari.







Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya.
Rineka Cipta. Jakarta.







Sudjana, 1989. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.







---------------, 1996. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.







Widjayakusuma, R., dan Sikar , S., 1986. Fisiologi Hewan Jilid I.
Jurusan Fisiologi dan Farmakologi Fakultas Kedokteran Hewan IPB.
Bandung.







Wulangi, S.K., 1990. Prinsip-Prinsip Fisiologi Hewan. FMIPA
IPB. Bandung.









1




Tidak ada komentar:

Posting Komentar