Oleh La Ode Arbiki
Setelah penelitian dijalankan, maka akan diberikan sebuah instrument kepada siswa untuk bahan evaluasi hasil belajar siswa. Misalkan Instrumen yang diberikan adalah pilihan ganda.
Data berikut adalah hasil uji coba pada kelas yang kemampuanya diperkirakan menghampiri kelas penelitian :
Kemudian menghitung
1. Tingkat kesukarannya : P = jumlah benar / jumlah soal
P1 ( soal no 1) = 5 / 10 = 0,5 . pada excel dengan rumus =SUM(F9:F18)/10
Kemudian letakkan kursor kebawah kiri sell 0,5 sampai membentuk tanda +, drag dan tarik ke kanan untuk mendapatkan P untuk semua item.
Klasifikasi Indeks kesukaran item :
0 – 0,3 soal sukar
0,31 – 0,7 soal sedang
0,71 – 1 mudah
Q = 1-P.
2. Daya pembeda yang bertujuan untuk membedakan siswa yang pintar dan kurang pintar.
Untuk itu kita harus membagi data menjadi dua kelas yaitu atas dan bawah
Seperti :
D = PA – PB , D1 = 0,8 – 0,2 = 0,6
Klasifikasi daya beda (D) :
0 – 0,2 : soal jelek
0,21 – 0,4 : cukup
0,41 – 0,7 : baik
0,71 – 1 : baik sekali
Negatif : sangat jelek
3. Mencari faliditas dengan rumus : rxy = correl(kolom soal 1,skor total )
Missal rxy soal no 1 =CORREL(F9:F18,$P9:$P18)
Untuk keterangannya jika harga rxy > 0,361 maka soal itu valid.
Misalkan soal nomor satu =IF(F23>0.361,"valid","invalid")
4. Mencari reliabilitas tes
Dengan KR20 yaitu r11 = (k/k-1)*(1-(jumlah PQ/varians total))
K = jumlah soal
Varisans total = varians jumlah benar tiap siswa
Varias total = Kuadrat Standar deviasi total
=STDEV(P9:P18) kuadrat.
r11 = =(10/9)*(1-(F22/F26))
Setelah itu soal yang valid digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa selama penelitian. Dan dianalisis dengan cara membedakan rata-rata dari prestasi siswa sebelum dan sesudah penelitian diadakan. Dengan menggunakan hipotesis :
H0 : rata-rata sebelum = rata-rata sesudah
H1 : rata-rata sebelum tidaksama dengan rata-rata sesudah.
Menggunakan uji t.
Kamis, 04 September 2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar