Senin, 22 September 2008

Riset pertama internet

Dimulai dari proyek militer Amerika di awal tahun 1960-an. Pada waktu itu AS mempunyai pasukan yang ditempatkan diberbagai belahan dunia, oleh karena itu militer AS memerlukan jaringan komando dan kendali untuk berhubungansecara efektif dengan semua tentara yang terpencar. Jariangan sepertiitu jelas memerlukan biaya yang cukup besar, dan sebagaian besar dana ini diambil daripajak baru dari sederetan programpemerintah.
Salah satu dari program itu adalah Advanced Research Projects Agengcy (ARPA). Pemerintah mendirikanya setelah orang Rusia meluncurkan Sputnik di akhir tahun 1950-an, agar tidak menggegerkanseperti ketika orang Amerika disentakkanoleh masuknyaSovyet kebidang angkasa luar.
Direktur ARPA Charles Herzfeld memiliki anak buah bernama Bob Taylor yang selaku Direktur IPTO yang bertugas menangani riset-riset mutakhir. Tanpa sengajadengan tugas itu Taylor tertarik menggunakan komputersecara interaktif sebagai cara mempermudah operator tentara mengendalikan peluru kendali yang mereka jalankan. Ia pun melakukan kontak dengan teman-teman sejawat di National Aeronauics and Space Agengcy (NASA), disisi lain dari semenanjung florida di scape Canaveral. Akhirnya Ia tergerak untukmenulis usulan riset unatuk NASA menyangkut sistem komputer yang dimanusiakan.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar